PERUBAHAN PADA UM UGM 2011

Seiring dengan terbitnya PP 66 Tahun 2010 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010, yang antara lain menetapkan bahwa Perguruan Tinggi Negeri wajib menerima mahasiswa baru program Sarjana/S1  melalui jalur seleksi nasional (SNMPTN) minimal 60%, maka ragam Ujian Masuk (UM) UGM tahun 2011 pun mengalami perubahan.

RAGAM PROGRAM UM UGM 2011

1. SELEKSI NASIONAL
a. Penelusuran Bibit Unggul
  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) bagi siswa berprestasi, tetapi tidak mampu secara ekonomi. Seleksi dilakukan melalui undangan secara nasional kepada para Kepala SMA di seluruh Indonesia untuk mengirimkan siswa cerdas, tetapi tidak mampu secara ekonomi. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004. Semua peserta bebas biaya pendaftaran dan peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
  • Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi dengan Beasiswa (PBUBB) bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang atau finalis olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat nasional atau finalis tingkat internasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas dan Tes Potensi Akademik (TPA). Peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
  • Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang di bidang olahraga atau seni . PBOS adalah juara I Kejurda atau Porda tingkat Provinsi; juara I Popsinas; juara I-III Kejurnas/PON; atau juara I-IV kejuaraan regional/internasional atau juara I-III kesenian tingkat nasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas, Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Ilmu Pengetahuan Dasar (IPD), dan tes keterampilan.
  • Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD) bagi siswa SMA seluruh Indonesia dengan kemampuan akademik tinggi yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, dinas-dinas pemerintah di daerah, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas.
b. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Informasi lengkap dapat dilihat di http://www.snmptn.ac.id  

Pada program yang terdiri atas SNMPTN dan Seleksi Nasional PBU, UGM menerima sebanyak 60% dari daya tampung.

2.
SELEKSI MANDIRI UGM
  1. Ujian Tulis Penelusuran Bakat Swadana (PBS), bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas, TBS.
  2. Ujian Tulis (UTUL), dilaksanakan di Yogyakarta, Semarang, Madiun, Cirebon, Tangerang, Jakarta, Bandar Lampung, Palembang, Pekanbaru, Batam, Lhokseumawe, Banda Aceh, Balikpapan, dan Mataram.

Peserta PBS dapat mendaftar Ujian Tulis (UTUL) tanpa tambahan biaya pendaftaran dengan persyaratan dan kewajiban seperti pendaftar PBS.

Ujian tulis PBS, PBS+UTUL, dan UTUL dilaksanakan di Yogyakarta, Banda Aceh, Lhokseumawe, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Madiun, Balikpapan, dan Mataram.

Pada program yang terdiri dari Ujian Tulis UGM dan Ujian Tulis PBS, UGM menerima sebanyak 40% dari total daya tampung.

JADWAL KEGIATAN

Program Pendaftaran Berkas diterima terakhir Daftar ulang Tes tertulis Tes ketrampilan
PBUTM 3 Jan – 10 Feb 14 Feb
PBUBB 3 Jan – 10 Feb 14 Feb
PBOS 3 Jan – 10 Feb 14 Feb 6 Maret
PBUPD 3 Jan – 10 Feb 14 Feb
PBS 3 Jan – 15 Mar 9 – 16 Maret 27 Maret
UTUL 3 Jan – 15 Mar 9 – 16 Maret 27 Maret

Ket. – : Tidak ada kegiatanUntuk informasi lebih lengkap silahkan buka tautan Seleksi Perguruan Tinggi: UM UGM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: