Strategi Memilih Jurusan Favorit

KAMU yang baru aja ikutan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tentu masih ingat berapa skor minimal yang harus kamu peroleh untuk bisa masuk ke jurusan favorit di perguruan tinggi pilihan kamu. Uhm, gimana dengan kamu yang baru naik ke kelas tiga atau kelas XII ya? Udah pada tahu belum sih, jurusan apa yang jadi favorit? belia bakal ngajak kamu semua untuk tahu, jurusan apa yang jadi favorit di beberapa perguruan tinggi. Supaya tahun depan, persiapan kamu bisa lebih matang lagi dalam memilih jurusan favorit tersebut! Menurut situs webomatrics, perguruan tinggi atau universitas yang menjadi favorit di Indonesia tahun 2009, lima besarnya adalah Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, dan Institut Teknologi Sepuluh November. Sementara itu, jurusan IPA paling favorit tahun 2008, mencatat lima besarnya adalah Teknik Informatika ITB, Teknik Elektro ITB, Teknik Kimia ITB, Pendidikan Dokter UI, Teknik Informatika ITS, dan Pendidikan Dokter UGM. Untuk jurusan IPS, 5 besarnya yaitu Akuntansi UI, Ilmu Hubungan Internasional UI, Akuntansi UGM, Akuntansi Unpad, dan Manajemen UI.Namanya jurusan favorit, tentu peminatnya membeludak. Kudu punya strategi yang lumayan jitu untuk bisa tembus jurusan favorit, apalagi jika kamu enggak ikutan jalur khusus yang disediakan perguruan tinggi yang bersangkutan macam SMUP atau, USM ITB. kejeblos gara-gara salah pilih jurusan, emang sering banget terjadi. Oleh karena itu, kamu kudu rajin browsing ke situs yang emang menyediakan informasi tentang passing grade masing-masing jurusan atau fakultas. Situs yang bisa kamu akses dari sekarang di antara adalah snmptn.ac.id, senamptn.co.cc, atau snmptn.wordpress.com. Dari jurusan IPA tapi mau ambil fakultas atau jurusan sosial saat SNMPTN nanti, itu pun enggak masalah. Asalkan, kamu sudah dibekali dengan informasi yang cukup mengenai passing grade fakultas yang jadi tujuan kamu. Berbekal info tentu saja enggak bakal bisa lancar masuk perguruan tinggi kalau kamu enggak belajar dari sekarang. “Kalau untuk menghadapi SNMPTN sendiri sebenarnya harus dipersiapkan sedini mungkin. Maksudnya sejak dini kita harus memiliki cita-cita. Jadi ke depannya kita akan bersungguh-sungguh dalam berusaha menggapai cita-cita kita itu. Jadi yang paling penting itu kita punya cita-cita di dalam diri kita. Kalau kita punya cita-cita tinggal berusaha mewujudkannya dengan belajar sungguh-sungguh. Persiapan kita yah, belajar dengan baik di sekolah,”. Udah belajar dengan sungguh-sungguh plus enggak kurang informasi tentang fakultas yang dituju, ternyata masalahnya belum selesai, lho. Hehe, menurut pengalaman belia dan teman-teman yang udah pernah ikutan SNMPTN, ada satu masalah yang cukup besar dan harus bisa dikompromikan dengan orang tua. Apaan tuh? Jurusan atau fakultas yang kamu pilih, apakah udah pas juga dengan keinginan ortu kamu? Banyak ortu yang masih memaksakan kehendak pada anaknya, terutama untuk masalah pemilihan jurusan saat kuliah. Kompromikan masalah pilihan jurusan saat kuliah ini sebaik mungkin dengan ortu kamu. Betul, kamu yang akan menjalani kuliah ini. Namun jangan lupakan juga peran ortu sebagai penyuplai dana selama kamu kuliah. Jangan sampai mereka bilang gini, ‘Tuh, kalau dengar apa kata orang tua, kamu pasti nggak akan gagal kuliah!’ gara-gara enggak ngikutin apa mau mereka. Tunjukkan dengan baik kalau perbekalan kamu udah mantap. Belajar serius dan strategi jitu supaya enggak kejeblos atau salah pilih jurusan.

Sumber: http://ynrishaq.blogspot.com/2010/01/strategi-memilih-jurusan-favorit.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: